PWA
Murni Solusindo Nusantara

Install our website's web application on your home screen for quick and easy access every time you are on the go

Customer Journey Mapping

Banyak perusahaan belum memperhatikan bahwa pengalaman Pelanggan saat berinteraksi dengan layanan yang diberikan merupakan faktor yang dapat mempengaruhi keberlanjutan bisnis. Dahulu, Pelanggan dapat dipuaskan hanya dengan pilihan yang disediakan oleh perusahaan, sedangkan pada jaman sekarang, Pelanggan lebih kritis dan menuntut. Saat mereka membutuhkan suatu layanan, mereka akan melakukan riset untuk mencari penawaran terbaik. 

E-Consultancy’s Cross Channel Marketing Report 2014 melaporkan

Hanya 2 dari 5 perusahaan “memahami customer journey dan mampu untuk beradaptasi dengan mengimplementasikan media layanan yang sesuai.”

branch transformation solutions

Suatu usaha untuk meningkatkan pengalaman Pelanggan berdasarkan interaksi Pelanggan dengan bisnis Anda membutuhkan suatu pergeseran budaya yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan dalam organisasi Anda. Walaupun rumit, transformasi layanan yang Anda lakukan akan membawa manfaat bisnis yang signifikan – peningkatan kepuasan Pelanggan dan staf, peningkatan pendapatan perusahaan dan daya saing antar kompetitor bisnis.

Menurut kajian dari Walker, Pada tahun 2020, pengalaman Pelanggan akan menggantikan harga dan produk sebagai faktor pembeda merek dalam kompetisi bisnis.

55%

Pelanggan rela membayar lebih mahal untuk pengalaman yang lebih baik

84%

organisasi yang sedang melakukan peningkatan pengalaman Pelanggan mengaku mengalami peningkatan pendapatan

79%

Pelanggan hanya mempertimbangkan merek yang menunjukan bahwa mereka mengerti dan perduli terhadap Pelanggan mereka

Peningkatan Layanan
untuk pengalaman Pelanggan yang lebih relevan

Layanan yang dipersonalisasi dan sesuai
dengan kebutuhan

Personalisasi layanan merupakan kunci utama Anda menunjukan betapa Anda perduli pada kebutuhan Pelanggan Anda. Solusi concierge kami dapat membantu Anda untuk memberikan layanan yang dipersonalisasi bagi Pelanggan Anda.

Layanan yang tersedia melalui berbagai media (omni-channel)

Berbagai pilihan media layanan harus tersedia untuk memungkinkan Pelanggan Anda memilih jenis media mana yang paling nyaman bagi mereka.

Penyediaan media layanan omni-channel rentan akan ketidakkonsistenan antara media yang satu dengan media yang lainnya sehingga membuat ketidaknyamanan bagi Pelangan yang akan berdampak pada citra perusahaan Anda. Oleh karena itu, sangat penting untuk memastikan suatu integrasi yang mulus antara satu jenis media layanan dengan media layanan yang lainnya melalui pembuatan customer journey map.

Apakah Customer Journey Map itu?

Customer journey map merupakan diagram proses yang dilalui Pelanggan untuk mendapatkan layanan yang diinginkan, meliputi setiap interaksi yang dilalui Pelanggan.

Customer journey map membantu Anda untuk:

Memahami Pelanggan Anda

Mengidentifikasi kendala dan masalah

Mengaplikasikan strategi dari perspektif luar-dalam, yaitu menganalisa kendala Pelanggan untuk melakukan peningkatan layanan secara internal

Mengetahui kuantitatif data

Elemen Utama

Dalam pembuatan customer journey map

Sudut Pandang

Temukan persona Pelanggan Anda

Skenario

Susun sebuah skenario proses yang harus dilalui Pelanggan Anda untuk mendapatkan layanan/ produk yang mereka inginkan (dalam hal ini, proses dapat berupa proses yang udah ada saat ini atau proses yang baru akan diimplementasikan)

Tahapan

Tentukan tahapan-tahapan yang dilalui Pelanggan secara berurutan

Media layanan

Deretkan media layanan yang Anda sediakan untuk berinteraksi dengan Pelanggan Anda

Perilaku, pola pikir, dan emosi

Analisa apa yang akan dilakukan, dipikirkan dan dirasakan Pelanggan Anda saat berinteraksi dengan setiap media layanan tersebut

Potensi

Telaah masalah/ potensi masalah maupun potensi pengembangan bisnis yang ada

Tindakan dan kepemilikan

Tentukan tindakan perbaikan/ pencegahan yang dapat dilakukan untuk memperbaiki situasi, termasuk orang yang bertanggung jawab untuk melakukan tindakan tersebut

Diagram di atas merupakan gambaran umum sebuah customer journey map. Namun, customer journey map dapat bervariasi tergantung dari jenis bisnis dan jenis Pelanggan Anda. Anda dapat menggunakan Solusi Survei Pelanggan kami untuk mengumpulkan data kualitatif (kritik dan saran dari Pelanggan) yang kemudian dapat menjadi dasar pembuatan customer journey map yang lebih efektif dan analisa tindakan strategis apa yang dapat dilakukan untuk perbaikan layanan. Atau, Solusi Manajemen Antrian kami juga dapat menjadi dasar untuk meingkatkan pengalaman Pelanggan secara menyeluruh.

Ingin tahu lebih banyak tentang solusi kami?

Konsultan profesional kami siap membantu

ProductsSolutionsContactTalk to us