PWA
Murni Solusindo Nusantara

Install our website's web application on your home screen for quick and easy access every time you are on the go

Manfaat Online Booking System Selama dan Setelah Pandemi COVID-19

[ad_1]

Manfaat Online Booking System Selama dan Setelah Pandemi COVID-19

Gambar dari Freepik

Sebelum pelanggan merasakan lezatnya makanan, pengalaman pelanggan (customer experience) adalah hal yang menentukan kesan pertama pelanggan terhadap restoran. Apakah pelanggan bisa dengan mudah mengetahui informasi terkait restoran, mulai dari lokasi, jumlah antrian, hingga pilihan menu makanan?

Dan yang terpenting, apakah mereka bisa mendapatkan spot atau meja yang mereka inginkan dengan mudah?

Pentingnya Reservasi untuk Restoran

Adanya kebijakan reservasi tidak hanya menguntungkan pelanggan, tapi juga pihak restoran. Informasi yang pelanggan berikan saat reservasi akan sangat membantu pihak restoran. Tentunya, untuk mempersiapkan operasional dengan lebih matang sehingga mampu melayani pelanggan dengan lebih baik.

Berbeda dari restoran yang mengadopsi kebijakan first come first serve, restoran yang menyediakan reservasi akan lebih untung dari segi bisnis. Pasalnya, mereka memiliki lebih banyak informasi untuk memanjakan pelanggan.

Untuk meningkatkan kualitas pelayanan, berbagai teknologi pun hadir untuk membantu restoran agar terus berinovasi.

Salah satunya adalah online booking system, sistem reservasi modern yang memberikan kemudahan dan kenyamanan lebih bagi pelanggan yang hendak datang ke restoran Anda.

Apalagi dengan adanya pembatasan aktivitas sosial akibat pandemi COVID-19, sistem ini akan mempermudah pihak restoran untuk mengatur dan memantau jumlah pelanggan yang akan datang.

Manfaat Online Booking System

Jika restoran Anda belum menggunakan online booking system, sekarang adalah waktu yang tepat untuk menerapkannya. Berikut adalah sejumlah manfaat online booking system untuk restoran.

1. Memberikan Kemudahan untuk Pelanggan

Sebelum memanjakan pelanggan dengan hidangan andalan restoran, Anda dapat membuat mereka nyaman dengan pengalaman memesan yang jauh lebih mudah dan praktis.

Online booking system memungkinkan pelanggan untuk melihat ketersediaan meja di restoran secara real-time. Selain itu, pelanggan juga dapat dengan mudah melakukan reservasi di mana pun dan kapan pun melalui smartphone, tablet, dan laptop.

2. Mengurangi No-Show (Tidak Jadi Datang)

Online booking system memungkinkan Anda untuk dapat mengirim pesan notifikasi kepada pelanggan, baik melalui SMS dan email sebagai pengingat atas waktu dan lokasi yang telah dipesan.

Hal ini tentunya dapat mengurangi peluang ketidakhadiran pelanggan yang mungkin saja lupa akan reservasinya.

Selain itu, sistem ini juga dilengkapi dengan komunikasi dua arah, baik melalui SMS dan email. Dengan begitu, pelanggan dapat memberitahu Anda jika mereka telat atau membatalkan reservasinya secara real-time.

3. Meningkatkan Kualitas Kerja Staf

Dengan menggunakan online booking system, Anda dapat menginformasikan staf terkait profil pelanggan yang akan datang ke restoran, pesanan makanan, hingga meja mana yang mereka inginkan.

Hal ini menjadikan staf lebih siap untuk memberikan pelayanan yang profesional dan tepat waktu, sehingga pelanggan tidak perlu lama menunggu.

4. Mengelola Layanan dengan Mudah

Hanya dengan satu aplikasi, Anda dapat mengelola dan memperbarui menu dan ketersediaan meja di setiap cabang secara terpusat.

Dengan sistem yang tersentralisasi, Anda dapat dengan mudah melihat tren layanan dan mengatur operasional untuk setiap cabang. Hal ini tentunya memudahkan Anda untuk mengatur alokasi staf dengan lebih efisien.

5. Mengetahui Profil Pelanggan

Pelanggan adalah aset bisnis yang paling berharga. Online booking system tentunya dapat mengumpulkan berbagai informasi dari pelanggan. Mulai dari detil kontak, seberapa sering mereka berkunjung, menu favorit, hingga seberapa banyak dana yang pelanggan habiskan untuk makan di restoran.

Dengan adanya informasi tersebut, Anda dapat menentukan strategi promosi secara lebih akurat dan personal untuk masing-masing pelanggan.

6. Pengelolaan Kapasitas Pengunjung

Dilonggarkannya kebijakan PPKM memungkinkan restoran untuk membuka kembali pintunya untuk para pengunjung. Namun dengan syarat, restoran harus membatasi kapasitasnya agar tidak menimbulkan kerumunan.

Teknologi online booking system memungkinkan Anda untuk mengatur kapasitas restoran agar tidak melebihi batas.

Dengan demikian, selain mematuhi peraturan pemerintah, Anda pun dapat melindungi staf dan pelanggan dari penularan COVID-19.

PT Murni, sebagai penyedia solusi digital untuk berbagai sektor bisnis sejak 1992, menyediakan berbagai solusi customer experience untuk mendukung transformasi digital restoran Anda, mulai dari online booking system, self-service ordering kiosk, hingga restaurant information display.

Jika restoran Anda ingin meningkatkan customer experience dan memaksimalkan profit melalui penggunaan online booking system, konsultan bisnis kami siap membantu Anda dan dapat dihubungi melalui Hotline 1500 913 atau e-mail info@murni.co.id.

*Source:

  1. https://www.touchbistro.com/blog/how-your-restaurant-can-benefit-from-reservations/
  2. https://spotonwifi.com/9-crazy-benefits-restaurant-reservation-software-reopening/
  3. https://www.thinkstartpl.com/why-you-need-an-online-restaurant-table-booking-system-in-2021/

[ad_2]

Source link

ProductsSolutionsContactTalk to us